Minggu, 01 Oktober 2017

Comeback......and Curhat

   hai balik lagi, setelah sekian lama vakum gara-gara ngurus dunia nyata xD

oke disini gua mau sedikit curhat. mungkin kalian belum tau (ato mungkin udah) harga part pc lagi naik, nah disini gua mau rakit pc. Pc yang gua incer itu :
  • AMD Ryzen 5 1500X
  • Motherboard MSI B350M Gaming Pro
  • Ram HyperX 2x4GB ddr3 (edisi teken budget)
  • VGA Zotac GTX 1050Ti 4GB OC
  • Power Supply Corsair VS550W 80+
  • HDD Sejuta Umat WDC Blue/Seagate 1TB 5400rpm
  • Case.... Random lah yg penting bagus & simple :'v


nah yang jadi permasalahan disini (selain duit) banyak tempat yang gak stok ya walopun gua baru ke Computer Center daerah gua. Gua cek di web Enter Komputer (bukan sponsor) totalnya 9,5 juta tanpa monitor tanpa keyboard (disini keadaannya gua udah punya mouse sama headphone), sementara monitor yang gua incer itu harganya kisaran 1 juta, dan keyboard sekitar 800k. berarti total sekitar 11,3 juta,  sementata sekarang udah banyak laptop gaming yang harganya kisaran 12 jt/13 jt.

disini lah kegalauan gua antara pilih rakit pc atau beli laptop gaming, bagi yang belum tau atau fanboy pc/fanboy laptop gua kasih tau kelemahan dan kelebihan masing-masing :

PC :
Kelebihan :
  1. jatohnya lebih murah kalo rakit (tapi sekarang lagi gak)
  2. kalo lu pilih motherboard dengan socket yg tinggi tapi cpu socketnya dibawah, lu bisa upgrade kapan pun selama masih ngedukung
  3. upgrade lebih gampang dan gak terlalu ribet bongkar sana sini


Kekurangan :
  1. butuh pengetahuan lebih soal hardware, kalo lu gk terlalu tau bakal susah/bakal ditipu
  2. lu harus perhatiin soal part nya biar begitu coba langsung bisa nyala
  3. berat...


Laptop :
Kelebihan :
  1. portable lu bisa bawa kemana-mana, gausah bawa monitor keyboard sama mouse kemana-mana (kecuali lu perlu buat main game macem dota2/cs:go)
  2. jaman sekarang cari laptop dengan spek macem pc gak susah
  3. bisa langsung main (asal batrenya masih ada isinya)


Kekurangan :
  1. harganya lebih mahal dari pc rakitan
  2. upgrade terbatas, biasanya cuma penyimpanan sama ram yang bisa diupgrade
  3. kalo laptop lu udah gak kuat menuhin kebutuhan lu, ya mau gak mau lem biru (lempar beli yang baru)

yaudah gua curhat segitu aja, lagi pula kalian juga belum tentu baca ini tulisan sampe detail :'))
sekian caw.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar